Kompetisi NBA saat ini masih bergulir, seluruh tim saat ini sedang bersaing untuk mendapatkan jatah mengikuti Playoffs. NBA sendiri terbagi menjadi dua wilayah yaitu Eastern Conference dan Western Conference dimana setiap wilayah memiliki 15 tim dan akan bertanding sebanyak 82 kali dalam satu musim. Jatah mengikuti playoffs tersebut hanya tersedia untuk tim yang berhasil menduduki peringkay 1 sampai 8 disetiap wilayahnya.

Saat ini sudah ada beberapa tim yang hampir pasti tidak dapat mengikuti playoffs lagi karena minimnya jumlah kemenangan yang didapat, beberapa tim itu adalah Golden State Warriors, Cleveland Cavaliers, Minnesota Timberwolves, Atlanta Hawks, dan Charlotte Hornets. Tim- tim tersebut saat ini benar-benar berada diposisi yang tidak menguntungkan dan terancam tidak akan mengikuti playoffs.

Dibalik keterpurukan tim-tim tersebut ada pula tim yang berjaya, dan akan menjadi calon juara, maka pada kali ini Maknakata akan memberikan prediksi calon-calon juara NBA kompetisi tahun 2019-2020. Simak prediksinya!

  • Milwaukee Bucks

Bucks adalah tim yang berasal dari daerah Eastern Conference. Mengapa tim ini berada di peringkat pertama calon juara? Bagaimana tidak, saat ini Bucks berhasil memegang rekor kalah menang yang terbaik dibandingkan tim NBA lainnya. Faktor yang membuat Bucks benar-benar tangguh pada musim ini adalah keberadaan MVP tahun 2018-2019 Giannis Antetokounmpo.

Giannis saat ini berhasil memimpin Bucks penjadi penantang gelar dan kontribusinya pun tidak main-main, statistik individunya menjadi buktinya yaitu 30 PPG 13,5 RPG dan 5,8 APG. pada musim ini pun Giannis kembali menjadi Captain All Star 2019-2020 dan menjadi kandidat MVP bersaing dengan Lebron James, Damian Lilliard, dan Luka Doncic. Selain faktor dari sang pemain, Bucks juga mempunyai pemain all Star yang kedua sebagai penyokong Giannis yaitu Khris Middleton, dimana sang pemain berhasil berkontribusi dengan 20,4 PPG, 6,1 RPG, dan 4,2 APG. Tidak boleh dilupakan ada nama-nama lain seperti Eric Bledsoe, Brook Lopez, Wesley Mathews yang tampil cukup baik sehingga membuat kedalaman skuad Bucks sangat seimbang.

  • LA Lakers

Untuk tim kebanggaan Los angeles sudah diprediksi akan menjadi kandidat juara NBA 2019-2020. Mengapa demikian? Ya, karena keberadaan dari Lebron James dan Anthony Davis. Siapa yang tidak tau kehebatan dua bintang tersebut? keduanya saat ini merupakan bintang utama NBA terutama King James. Kedua pemain ini berhasil menjadi duet yang menakutkan sejak musim bergulir dimana Lebron berhasil menciptakan 25 PPG, 7,7 RPG, dan 10,8 APG, sedangkan Anthony Davis berhasil menyumbangkan 26,5 PPG 9,2 RPG, dan 3,3 APG.

Saat ini Lakers berhasil menduduki peringkat pertama untuk wilayah Western Conference berhasil mengungguli beberapa tim kuat lainnya seperti Denver, Clippers, Rockets dan Dallas Mavericks. Selain dari James dan Davis Lakers juga mempunyai beberapa bintang yang tidak kalah pentingnya seperti Kyle Kuzma, Rajon Rondo, Dwight Howard, Danny Green, pemain-pemain tersebut juga tampil tidak kalah apik sehingga berhasil membawa Lakers ke peringkat pertama.

  • LA Clippers

Tim asal Los angeles yang akan menjadi kandidat juara tidak hanya Lakers, satu tim lagi yang akan menjadi kandidat juara adalah Los angeles Clippers. Tim ini benar-benar melakukan perubahan pada awal musim dengan mendatangkan Kawhi Leonard dan Paul George sehingga berhasil mengangkat performa tim menjadi penantang gelar.

Pada musim 2018-2019 sebenarnya Clippers sudah berhasil masuk playoffs dengan bermodalkan pemain yang tergolong bukan superstar, dengan kedatangan Geoerge dan Leonard membuat tim ini semakain menakutkan. Kawhi Leonard saat ini berhasil berkontribusi dengan 27,1 PPG, 7,5 RPG, dan 5,2 APG, sedangkan untuk Paul George berhasil membuat 22,6 PPG, 6,1 RPG, dan 4 APG.

Yang lebih membuat tim ini lebih menakutkan yaitu adanya pemain cadangan yang sangat mematikan diantaranya ada Lou Williams dimana dia berhasi membuat 19,3 PPG, dan Montrezl Harrell dengan 18,9 PPG. Kedua pemain tersebut pada musim 2018-2019 merupakan kandidat six man of the year, dan dimana pada akhirnya Lou williams berhasil keluar sebagai pemenangnya. Saat ini Clippers berada di posisi ketiga untuk wilayah Western Conference berada dibawah Lakers dan Nuggets.

  • Boston Celtics

Sangat disayangkan jika tidak memasukan Boston Celtics pada prediksi kali ini, karena hampir setiap musim tim yang identik dengan warna hijau ini berpartisipasi di playoffs. Sebenarnya banyak yang meragukan Celtics bisa menjadi juara, karena 3 musim terakhir tim ini gagal untuk melangkah lebih jauh sampai ke Finals.

Celtics hanya melakukan perubahan sedikit untuk kedalaman skuadnya dimana mereka manggantikan Kyrie Irving dengan Kemba Walker, dan menggaet Enes Kanter untuk menggantikan Al Horford dan Enes Kanter. Sebenarnya untuk pergantian pemain ini tidak terlalu membuat banyak perubahan karena jika membandingkan skill setiap pemain tergolong tidak berbeda jauh. Kemba Walker dan Kyrie Irving mempunya tipe permainan yang cukup mirip sedangkan Enes Kanter masih kalah jika dibandingkan oleh AL Horford.

Saat ini ada 3 pemain yang menjadi penyokong utama dari Celtics yaitu Kemba Walker, Jayson Tatum, dan Jaylen Brown, yang dimana dua pemain pertama yang disebut berhasil menjadi NBA All Star 2019-2020. Kontribusi ketiga pemain ini pun tidak bisa dipandang sebelah mata karena ketiganya berhasil berhasil menghasilkan point per game lebih dari 20! Statistik tersebut menunjukan betapa berbahayanya Celtics saat ini. Ditambah lagi saat ini Celtics mempunyai sosok pelatih muda yang dikenal jenius dalam menyusun strategi yaitu Brad Stevens.

  • Toronto Raptors

Tim terakhir yang menjadi kandidat juara versi Maknakata adalah Toronto Raptors. Mantan juara NBA 2018-2019 ini pantas dianggap menjadi calon juara, karena tim yang berbasis di Air Canada Centre ini berhasil membuat kejutan. Sepeninggalan Kawhi Leonard banyak yang menganggap Raptors akan kesulitan menembus babak playoffs akan tetapi tim asuhan Nick Nurse tersebut dapat mematahkan semua keraguan tersebut dimana saat ini mereka berhasil menduduki posisi kedua di wilayan Eastern Conference.

Sejak Leonard meninggalkan Raptors para pemain semakin berkembang pesat sehingga berhasil membawa tim ini menjadi penantang juara. Beberapa pemain yang tampil menonjol Pascal Siakam dengan 23,4 PPG, Fred VanVleet dengan 17,9 PPG, dan Kyle Lowry pun semakin meningkat dengan 19,6 PPG.

Hasil mengejutkan ini membuat banyak pihak terkagum dan menganggap mereka mempunyai kans untuk mempertahankan gelar juara, ditambah lagi saat ini Paskal Siakam berhasil menjadi NBA All Star dan menjadi starter. Beberapa pemain seperti Norman Powell, Marc Gasol, dan Serge Ibaka pun tidak bisa dilupakan karena saat ini pun mereka juga tampil cukup apik dan berkontribusi besar membawa Raptors menjadi pesaing juara.