Tentu kita semua tahu bahwa saat ini dunia sedang mengalami masa-masa kesulitan yang dimana virus bernama corona atau disebut juga covid-19 sedang menyerang umat manusia. Virus ini pada awalnya berasal dari negeri tirai bambu akan tetapi saat ini sudah menyerang keberbagai negara. Beberapa negera yang saat ini sudah terjangkit corona yaitu Jepang, Iran, Indonesia, Prancis, Cina, Amerika, Malaysia, Italia, Spanyol dan beberapa negara lainnya.

Akibat dari penyebaran virus ini beberapa aktivitas dan kegiatan dari berbagai negara terpaksa dihentikan agara penyebaran dari virus ini tidak semakin luas, bahkan beberapa negara besar seperti Spanyol, Italia, Malaysia, Prancis sudah menetapkan strategi pencegahan penyebaran yaitu melakukan lockdown pada negaranya. Arti dari lockdown sendiri yaitu dimana semua kegiatan bisnis diberhentikan untuk sementara kecuali yang menyediakan bahan pangan dan kebutuhan sehari-hari.

Salah satu dampak yang diakibatkan oleh virus corona ini adalah pemberhentian seluruh kegiatan olahraga dinegara-negara yang sudah diserang virus ini. Negara-negara yang sangat terkenal akan olahraganya seperti Inggris, Italy, Spanyol, Jerman, Amerika, Prancis sudah memberhentikan seluruh kompetisinya. Liga inggris, liga spanyol, dan liga italia yang selama ini menjadi tontonan pencinta sepakbola telah diberhentikan untuk sementara waktu hingga waktu yang akan ditentukan dan kompetisi NBA yang berasal dari Amerika saat ini pun sudah diberhentikan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Pemberhentian dari seluruh kompetisi olahraga ini bukanlah tanpa alasan, tentu kita tahu alasan utamanya sudah pasti mencegah penyebaran, akan tetapi yang membuat cepatnya para Federasi setiap liga memberhentikan kompetisi karena sudah ada beberapa atlet yang terjangkit covid-19. Pada kali ini Maknakata akan menyebutkan beberapa atlet yang sudah menjadi korban covid-19.

  • Daniel Rugani

Penggemar sepak bola italia khususnya pendukung Juventus pasti tidak akan asing dengan nama pemain yang satu ini, ya, pemain kelahiran Italia ini merupakan andalan lini belakang dari si nyonya tua. Rugani bersama dengan Bonucci, Demiral, Barzagli, dan Matthijs De Ligt merupakan palang pintu dari Juventus, yang dimana kelima pemain ini secara bergantian mengisi lini belakang tim tersebut.

Rugani menjadi pemain Bianconeri pertama yang mengidap corona, saat ini sang pemain harus menjalani isolasi selama 14 hari sejak tanggal 11 maret 2020. Walaupun sang pemain terjangkit virus tersebut dia masih mendapatkan kebahagiaan dari kekasihnya yaitu Michela Persico. Wanita Italia ini sedang mengandung anak pertama mereka dan saat ini sudah berjalan selama empat bulan, mari kita doakan kedua pasangan ini dapat melewati masalah yang sedang dialami.

  • Mikel Arteta

Daftar kedua ini sebenarnya sudah tidak aktif lagi menjadi pemain sepak bola, akan tetapi layak untuk dibahas karena saat ini mantan pemain arsenal dan everton baru pensiun dari dunia sepakbola ditahun 2016. Mikael Arteta saat ini menjadi pelatih utama dari arsenal, dia baru saja diangkat menjadi pelatih pada 20 desember lalu menggantikan Unai Emery, dengan pergantian pelatih ini Arteta diharapkan dapat mendongkrak performa dari Arsenal.

Sejak pergantian pelatih utama sebenarnya penampilan Arsenal tidaklah terlalu buruk, mereka beberapa kali berhasil mendapatkan hasil yang positif akan tetapi mereka sering sekali kehilangan konsistensi. Saat Arteta dikabarkan terkena covid-19, seluruh pemain dan staff terheran karena sampat saat ini baru dia yang terjangkit di arsenal. Dua hari setelah Arteta terjangkit sang istri Lorena Bernal menginformasikan bahwa kondisi sang pelatih baik-baik saja, hanya sedikit demam dan sedikit pusing, itulah keadaan yang sedang dialaminya.

  • Ezequiel Garay

Masih seputar atlet lapangan hijau, kali ini pemain yang terkena virus covid-19 berasal dari klub asal spanyol Valencia yaitu Ezequiel Garay. Pemain yang berusia 33 tahun tersebut ini merupakan andalan lini belakang dari klub berjuluk kelelawar tersebut. Garay merupakan pemain pertama Valencia yang mendapatkan hasil terinfeksi corona yang kemudia disusul oleh dua rekannya yaitu Jose Gaya dan Eliaquim Mangala.

Saat ini kondisi Garay dikabarkan baik-baik saja dan sedang menjalani proses karantina, dapat dilihat pada akun instagram sang pemain “Jelas tahun 2020 bukan yang terbaik. Saya telah dinyatakan positif menderita corona, saat ini saya merasa baik dan telah mendengarkan apa yang dikatakan oleh pihak medis. Untuk sementara saya akan diisolasi,” tulis Garay pada akun instagramnya.

  • Rudy Gobert

Beralih kebidang yang berbeda, atlet selanjutnya terkena covid-19 berasal dari kompetisi NBA yaitu Rudy Gobert. Gobert sendiri merupakan center andalan asal Utah Jazz, dan sang pemain merupakan pemain NBA pertama yang dikabarkan terjangkit terkana corona. Akibat dari wabah yang didapat oleh sang pemain NBA dengan segera memberhentikan kompetisi untuk 30 hari kedepan.

Dua hari sebelum dikabarkan terjangkit, Gobert terlihat meremahkan virus corona, dalam jumpa pers dengan wartawan Gobert dengan bercanda sengaja menyentuh microphone awak media padahal NBA sudah mengeluarkan peraturan untuk menjaga jarak aman saat sesi wawancara dengan media dan pemain dilarang menyentuh benda-benda seperti microphone, bola dan jersey yang diminta oleh fans.

Kini pemain berkebangsaan prancis tersebut sudah menyesali perbuatannya yang menganggap remeh. Dalam video yang diunggah NbA Gobert meminta masyarakat untuk lebih waspada dan meminta seluruh fans mengikuti anjuran WHO untuk rajin mencuci tangan, hindari menyentuh wajah, hidung, mata dan menghindari kontak yang tidak perlu dengan orang lain.

  • Donovan Mitchell

Atlet NBA yang selanjutnya dibahas masih berasal dari Utah Jazz, tapi kali ini pemain tersebut bermain pada posisi shooting guard yaitu Donovan Mitchell. Mitchell sendiri merupakan pemain NBA kedua yang dikabarkan terkena covid-19, dan menurut informasi yang beredar alasan dia bisa terkena virus tersebut akibat ditularkan oleh rekan setimnya yaitu Rudy Gobert.

Padahal awal tahun 2020 sang pemain baru meraih salah satu pencapaian terbaik dalam karir basketnya yaitu berhasil menjadi NBA All Star 2020 yang telah diadakan pada 16 februari lalu, akan tetapi sialnya juga sang pemain terkena virus corona pada tahun ini juga. Menurut informasi yang beredar saat ini Mitchell berada dalam kondisi yang baik dan sedang menjalani isolasi.

“Butuh waktu untuk saya bisa tenang terhadap Rudy Gobert. Saya senang dia baik-baik saja. Saya juga lega karena tidak mengalami apa pun,” ujar Mitchell dikuti Maknakata.id dari ESPN. Rasa frustrasi tersebut dia sampaikan karena tingkah laku Gobert yang meremehkan dengan menyentuh beberapa alat pribadi rekan setimnya, dan menyentuh langsung secara fisik rekan-rekan setimnya, sialnya pun Donovan Mitchell jadi tertular olehnya.

  • Kevin Durant

Untuk daftar selanjutnya semua sudah tidak asing lagi, karena pemain satu ini merupakan salah satu superstar NBA saat ini yaitu Kevin Durant. Mantan pemain Golden State Warriors ini menjadi salah satu dari empat pemain Brooklyn Nets yang dikabarkan terjangkit virus Covid-19. Durant sendiri seperti terkena sial secara beruntun karena dia saat ini sama sekali belum bermain untuk Nets akibat cedera ACL yang dia alami dan saat ini terkena musibah tambahan dengan terjangkit virus asal negeri tirai bambu tersebut.

Sampai saat ini Kevin Durant sama sekali belum memberikan pernyataan apapun terkait kondisinya. Tapi menurut informasi yang beredar pemenang finalis MVP 2017 dan 2018 tersebut sedang menjalani isolasi di kediaman pribadinya. Laporan BBC Sport menyatakan bahwa Durant telah mengonfirmasi kepada The Athletic bahwa dirinya positif terjangkit covid-19.